Yayasan Padma Bhuana

Jln. Graha Wisata Gg I/2 Sidakarya
(0361) 726782, 7844104,7426261, 8016398
PadmaBhuana@yahoo.com
www.PadmaBhuana.com

 

Padma Bhuana Bali

Home
..................................................
Pengurus Pelaksana
..................................................
Heart light Meditation & Yoga
..................................................
Jenis yoga menurut Kitab Yoga Sutra
..................................................
Kegiatan rutin padma Bhuana
..................................................
Photos Galleries kegiatan
..................................................
Tempat Latihan Cahaya Hati
..................................................
Puisi Ungkapan Keluarga Bahagia
..................................................
Otonan & Bebayuhan Bersama
..................................................
Workshop
..................................................
Artikel
..................................................
info Perkebunan
(keep in Green)

..................................................
Cara Menghindar dari Bahaya Gempa dan Tsunami
..................................................
Tirta Yatra Pura Puncak Mangu

 


Tips Hidup Ceria & Bahagia


Tips Hidup Damai, Ceria dan Bahagia Bersama Semesta (Bagian ke-16)
Membumikan Cinta-Kasih dalam Diri

Hidup dalam kasih dan mendorong orang lain untuk menumbuhkembangkan cinta-kasih di dalam hati mereka adalah perbuatan mulia. Cinta-kasih itu merupakan suatu perasaan yang sangat halus dan mendalam terhadap sesuatu benda atau orang.

Secara spiritual cinta-kasih itu adalah Tuhan. Caranya dengan memandang semuanya adalah bagian dari Tuhan. Suara hati yang paling dalam itu adalah Tuhan, karena atman yang bersemayam di dalam diri kita adalah percikan dari Tuhan. Betapa bahagianya perasaan ini apabila kita menyadari bahwa Tuhan selalu berada di dalam dan di luar diri kita. Jika kita menyadari dan merasakan di dalam diri kita ada cinta-kasih, maka tidak dapat diragukan lagi, kita pasti hidup penuh cinta-kasih, penuh dengan keceriaan, penuh kedamaian dan kebahagiaan abadi (anandam). Bagaikan merawat taman dengan sepenuh kasih, menyiramnya, memupuknya agar tanaman yang ada tumbuh dengan subur dan bisa kita nikmati keindahannya.

Kita semua menyadari sebagai anak-anak Tuhan. Dengan cinta-kasih yang diberikan orang tua, kita akan semakin dekat dengan orang tua. Ingat cinta-kasih yang ditanam oleh orang tua kita mesti dibalas dengan persembahan kepada orang tua kita. Mari kita memulai hari-hari kita dengan penuh cinta-kasih. Jalanilah pekerjaan sebagai bagian dari kehidupan kita dengan cinta-kasih. Akhirilah hari-hari kita dengan cinta-kasih bersama keluarga. Karena kita sadari semua itu adalah jalan menuju Tuhan. Mereka yang hatinya penuh dengan cinta-kasih akan selalu bersama Tuhan.

Dalam kehidupan sehari-hari, apa pun yang kita lakukan sebisanya dilandasi dengan cinta kasih. Ini sama artinya dengan melakukan persembahan yoga (karma yoga, marga yoga, bhakti yoga dan Jnana yoga). Kita telah berusaha keras setiap saat berbuat baik sedapat mungkin, melayani dengan penuh cinta-kasih. Kita telah berusaha mengendalikan panca indria kita. Kita telah menggunakan badan ini untuk bekerja, berbuat dijalan dharma atau Tuhan dan kita telah memanfaatkan sisa waktu luang untuk beristirahat duduk hening menenangkan pikiran dan mengingat Tuhan, agar terbangun suasana tenang menjalin kasih antara badan pisik dan badan mental. Kita berusaha menyadari apa yang kita lakukan adalah bagian dari persembahan atau pelayanan (seva) kepada Tuhan. Kita terlahir untuk menuju lebih baik dari sebelumnya, bersadhana ‘’latihan rohani’’ dengan pancaran penuh kasih.

Untuk mencapai perasaan ceria, damai dan bahagia di alam semesta ini, kita perlu memancarkan cinta-kasih. Tidak ada makhluk hidup yang tidak memiliki percikan kasih. Kasih merupakan pendorong di balik semua petualangan, pengorbanan menuju keberhasilan. Tanpa adanya kasih, kita tidak akan terdorong untuk saling mencintai. Kasih adalah jembatan yang mendorong manusia menuju keabadian, dari kematian menuju kebebasan abadi. Kita perlu menempatkan kasih di dalam hati, sehingga rasa benci, dusta tidak akan mendapatkan tempat di hati kita. Setiap hari kita melatih diri hidup dalam kasih, bergerak dan berpikir dengan kasih. Mari kita melatih diri kita sendiri. Jangan justru menginginkan kasih dari orang lain sebelum kita mengasihi orang lain terlebih dahulu. Berbuat penuh rasa cinta-kasih, secara spontan akan melembutkan perkataan, menghaluskan tindakan dan memperindah hidup sehingga kita akan dikasihi oleh lingkungan kita.

Mari belajar terus, hormati ilmu pengetahuan dan gali terus, karena dengan ilmu pengetahuan kita akan mendapatkan kebijaksanaan yang merupakan ayah. Cintailah kasih sebagai ibu, dharma itu sebagai saudara, daya belas kasihan kita sebagai sahabat, sehingga rasa shanti / damai itu dijadikan bagian seharian dari diri kita. Kita berusaha hidup berdampingan, jangan sampai meninggalkannya. Hadapilah kebencian dengan kasih yang memang bagian dari pembawaan kita. Mari hadapi kesedihan dengan keriangan dari dalam diri. Hadapi kemarahan dengan tameng rasa shanti / damai. Maka kemenangan akan mengampiri kita. Kasih yang kita pancarkan akan mampu mempengaruhi mereka yang sedih, menenangkan makhluk yang kebinggungan dan putus asa.

Bila kita tidak dapat mencintai orang lain, jangan pernah sampai membencinya atau jangan sampai salah paham akan maksud-masksud mereka, atau sampai mempermalukan mereka. Kita tidak tahu, mungkin mereka mungkin semulia maksud kita. Atau mereka berbuat tidak baik terhadap kita, itu mungkin karena mereka tidak tahu bahwa perbuatan mereka keliru seperti yang kita tangkap. Maafkan kesalahan orang lain dan hadapi serta waspadalah terhadap kesalahan kita. Kita berusaha agar kasih yang kita miliki menghalir alami apa adanya, tentunya dengan latihan secara terus menerus. Kasih menghubungkan dengan hati sebagai pemisah kebenciaan. Bila kita bisa melatih diri menempatkan kasih lebih banyak di dalam diri, maka makin banyak pulalah makhluk yang dipersatukan.

Salam shanti dengan penuh cinta-kasih, meniti kehidupan yang lebih baik dalam kasih Tuhan. Semoga pembaca semuanya hidup penuh dengan keceriaan, kedamaian dan kebahagiaan di semesta yang kita cintai ini. Mari kita menggali agar di dalam kehidupan seharian kita ini dapat menikmati sorga kehidupan saat ini dan nantinya bahkan sampai ke alam Tuhan (Vaikunta Loka). Memang semuanya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Namun jika kita melakukan latihan yang terus-menerus, maka kita akan menjadi terbiasa. Semuanya perlu proses untuk mendapatkan hasil. Coba terapkan dan rasakan di dalam hati apa yang terjadi. Kata hati yang kita miliki tidak bisa dibohongi. Kata hati akan menceritakan lewat perasaan kita karena semuanya bersemayam di dalam hati kita dengan penuh getaran yang keluar secara alamiah dan bisa mempengaruhi tempat di sekitar kita. Getaran kasih yang kuat akan mempengaruhi frekuensi yang ada sehingga suasana di sekitar terpengaruhi.

(*) Penulis adalah Praktisi dan Motivator Bisnis, Penekun Spiritual Menuju Hidup Damai, Ceria dan Bahagia. (Bersambung ke edisi berikutnya).


PELATIHAN YOGA DAN MEDITASI (gratis)
Untuk menumbuhkan Rasa Damai, Ceria dan Bahagia
Ikuti Pelatihan Cahaya Hati Heart Light Meditasi & Yoga
Setiap Rabu Pukul 17.00 - selesai
Tempat : Jalan Tukad Badung XXIII/27 Renon, Denpasar
Telepon : (0361) 7426261, 08123914438, dan 087862490566

 

 




Manusia Berusaha menyempurnakan diri menuju hidup lebih baik pada kehidupan ini dan nanti.
Menuju kehidupan lebih baik adalah dambahan kita semua, Mari memilih lakukan yang terbaik buat diri sendiri, keluarga, teman dan se-isi semesta agar semua mahkluk hidup berdampingan dan berbahagia (N. Danny Sridana)

NEXT, Heart light Meditation & Yoga >>

Business motivation | Air Minum Kesehatan Nonmin | Bisnis related |

Sitemap