Yayasan Padma Bhuana

Jln. Graha Wisata Gg I/2 Sidakarya
(0361) 726782, 7844104,7426261, 8016398
PadmaBhuana@yahoo.com
www.PadmaBhuana.com

 

Padma Bhuana Bali

Home
..................................................
Pengurus Pelaksana
..................................................
Heart light Meditation & Yoga
..................................................
Jenis yoga menurut Kitab Yoga Sutra
..................................................
Kegiatan rutin padma Bhuana
..................................................
Photos Galleries kegiatan
..................................................
Tempat Latihan Cahaya Hati
..................................................
Puisi Ungkapan Keluarga Bahagia
..................................................
Otonan & Bebayuhan Bersama
..................................................
Workshop
..................................................
Artikel
..................................................
info Perkebunan
(keep in Green)

..................................................
Cara Menghindar dari Bahaya Gempa dan Tsunami
..................................................
Tirta Yatra Pura Puncak Mangu

 


Tips Hidup Ceria & Bahagia

 

CHAPTER VI
Tips Hidup Damai, Ceria dan Bahagia Bersama Semesta (Bagian 6)

Ikuti Sembilan Sikap Menuju Hidup Ceria, Damai dan Bahagia Bersama Semesta

Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan Penguasa Alam Semesta karena atas izin Beliau, saya telah memberikan kesempatan untuk bisa melanjutkan catatan ini  semata-mata untuk mengajak pembaca membangkitkan keceriaan, kedamian, dan kebahagiaan di dalam hati kita semua. Terima kasih banyak kepada semua keluarga saya, serta teman-teman, sahabat baik yang telah mendukung dan memberikan kesempatan dan dorongan kepada saya untuk melanjutkan menuliskan  tips-tips hidup damai, ceria dan bahagia ini. Terimakasih kepada pembaca yang telah berusaha mendapatkan catatan hidup ceria, damai, tenteram dan bahagia bersama Semesta ini. Mudah-mudahan semuanya dalam keadaan damai, ceria dan bahagia dan senantiasa dalam keadaan sehat sejahtera bersama keluarga tercinta.
 
Saya sangat yakin tujuan anda membaca artikel ini adalah untuk mendapatkan hidup lebih baik, untuk merangsang munculnya rasa damai, keceriaan, ketenteraman dan kebahagiaan, selalu bersemangat dan penuh harapan dalam menjalani hidup ini.  Mari kita temukan dan latih terus, apa yang menyebabkan kita hidup damai, ceria dan bahagia. Mari kita gali kembali hal-hal yang membuat kita hidup damai,  ceria dan bahagia. Marilah kita rasakan terus……dan terus…rasakan serta pertahankan keceriaan, rasa bahagia, tentram, rasa penuh keberlimpahan dalam kedamaian yang kita miliki sehingga anda dan kita semua mampu merasakan sorga di dalam hidup ini. Saya yakin, anda juga akan merasakannya pada kehidupan di akhirat kelak. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Semesta memberkatinya.
Kebanyakan orang merasa masih jauh dari rasa bahagia. Banyak orang jauh dari hidup ceria alias murung, bosan, tidak bergairah, sedih, bosan (boring), kesal, dendam, marah dan sebagainya. Kenapa masalah ini terjadi ? 
Kita harus mencari penyebabnya. Untuk itu kita perlu cara untuk memecahkan masalah hidup itu. Dalam hidup ini semua orang punya masalah sepanjang kita memandang itu memang sebagai masalah. Agar tidak merasa hal itu sebagai masalah, maka yang perlu dicari adalah solusinya. Untuk itu, yang perlu dipersiapkan kesiapan diri kita. Mulailah dari diri sendiri dulu. Bisakah ? Mustahilkah ? Ingat, “Bagi Tuhan, tidak ada yang mustahil!“ Dengan kuasa penciptaan-Nya, Dia dapat mengubah anda seperti halnya mengubahkan ulat yang menjijikkan menjadi kupu-kupu yang cantik. Mari kita pahami  9 (sembilan) sikap hidup yang ceria, damai dan bahagia bersama semesta untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Sembilan sikap itu adalah :

Pertama : Lepaskan rasa khawatir dan ketakutan. Kita hidup dalam  lingkungan tradisi adat istiadat serta memiliki panduan agama yang kuat. Percayalah, setiap tarikan napas selalu bersama Tuhan. Kita tidak perlu takut, asal selalu berpikir, berperasaan dan melangkah di jalan Tuhan. Kita tinggal mematuhi ajarannya, tidak melanggar pantangannya serta sinkron dengan isi semesta, maka Tuhan selalu bersama kita. Kekhawatiran dan ketakutan yang menghantui pikiran anda dengan sesuatu yang tidak pasti tanpa melakukan apa pun, hanya akan membuat hidup anda dalam ketidakpastian. Contoh : seorang ibu rumah tangga  yang selalu khawatir tidak bisa hamil, sehingga terus-menerus melakukan upaya agar bisa hamil. Tapi upaya dengan stres tinggi tersebut tidak memberi hasil. Akhirnya setelah 5 tahun berupaya tanpa hasil,  akhirnya Ibu Rumah tangga ini memutuskan untuk berhenti khawatir dan pasrah. Stres yang menurun ternyata membuatnya keadaan subur sehingga di usianya yang ke-38 ia bisa hamil.  Cobalah buang kekhawatiran dan ketakutan dengan cara merasakan bagian tubuh yang tegang. Pikirkan kembali apa yang anda rasakan. Jika sudah menemukan perasaan yang tersembunyi tersebut, terimalah perasaan tersebut dan hayatilah. Setelah itu lepaskan /ihklaskan keperasaan tersebut. Biasanya beransur-angsur rasa khawatir dan ketakutan akan berkurang. Yang lebih penting adalah menyadari bahwa kekhawatiran dan ketakutan,  tidak berbeda dengan memikirkan sesuatu yang akan datang, yang belum tentu ada dan belum pasti. Kenyataannya, sebagian besar kehidupan kita diselimuti oleh ketidakpastian sampai saatnya tiba, karena ketidakpastian adalah bagian dari rahasia kehidupan. Bayangkan, jika semua hal dalam kehidupan bisa dipastikan / serba pasti maka ini justru akan membosankan, bukan? Jadi, buat apa anda terlalu khawatir ? Don't worry be happy.

2. Berhentilah mengeluh: Pantaskah anda mengeluh ? Padahal anda telah dikaruniai sepasang lengan yang kuat untuk mengubah dunia. Layakkah anda masih berkeluh-kesah ? Padahal anda telah dianugerahi kecerdasan yang memungkinkan anda membenahi sesuatunya. Ambillah nafas dalam-dalam. Tenangkan diri. Ingat-ingatlah kelebihan/prestasi apa yang telah pernah anda raih sebelumnya. Jangan sia-siakan. Afirmasikan diri bahwa anda bisa meraihnya lagi dan mulailah ambil langkah baru. Kita percaya kepada Tuhan dengan kemahakuasaan-Nya mampu mensutradarai kehidupan ini dengan sangat sempurna dan kita sebagai pemain drama di dalam panggung semesta yang maha luas dengan pernak-pernik hiasan panggung yang lengkap, ditonton oleh isi semesta. Kita harus bermain cantik agar penonton dan sutradara puas. Kita berharap mendapatkan hadiah/imbalan yang memuaskan berupa kehidupan dan fasilitasnya yang layak. Kita harus mensyukuri mendapatkan peran yang cukup baik dalam kehidupan ini. Bertingkah lakulah memainkan peran sebagai manusia, mahkluk terbaik ciptaan Tuhan. Nikmati hadiah kehidupan yang cukup baik saat ini. Nikmati hidup ini dengan suka cita mumpung kita masih dipercayai untuk berperan (mumpung masih hidup).

3. Selesaikan masalah satu persatu: Setiap orang punya masalah masing-masing, bergantung bagaimana caranya menyikapi hidup ini. Anggap masalah itu sebagai pelajaran untuk menjadikan kita hidup yang lebih baik agar kita lebih waspada pada langkah berikutnya. Bila ada masalah mari kita mencari solusinya agar masalah tersebut bisa digantikan menjadi hal yang positif. Jangan masalah kecil sampai menjadi besar. Usahakan sekecil apa pun masalah itu harus dicarikan solusi secepatnya dan masalah besar dicari solusinya agar menjadi masalah-maslah yang lebih kecil. Mintalah bantuan kepada orang yang anda percaya untuk membantu memecahkan masalah tersebut.  Cintailah diri anda, maafkan kesalahan anda dan perhatikan kebutuhan anda. Belajarlah dan berlatih relaksasi, seperti menarik napas panjang dan relaksasi otot dengan teratur. Belajarlah untuk menerima apa yang tidak mungkin dapat diubah oleh manusia.  Kerjakan dan selesaikan masalah anda satu persatu, berikan prioritas dalam menyelesaikannya.  Jangan mengharapkan sesuatu terlalu berlebihan. Belajarlah untuk lebih rileks, dengan meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang anda sukai. Karena jika sesuatu dilakukan karena anda sukai, maka hasilnya lebih bagus daripada anda melakukan sesuatu karena terpaksa.

4. Tidurlah dengan nyenyak: Kita semua sibuk berkarya, mencari nafkah untuk mengidupi diri sendiri dan keluarga serta larut dalam kehidupan sosial. Kita perlu beristirahat yang cukup, memulihkan keletihan dari rutinitas yang melelahkan. Biasakanlah merilekkan diri (misalnya dengan meditasi), serahkan diri pada Tuhan yang anda yakini, mohon sinar sucinya dapat menyegarkan pikiran kita menjadikan diri tenang sehingga bisa tidur lebih nyenyak. Cobalah, anda pasti bias bangun pagi dengan badan segar bugar sehingga siap melaksanakan rutinitas hari berikutnya. Saat tidur, tubuh kita juga memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh juga membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah, berkurangnya kemampuan berpikir. JIka anda sudah berniat tidur, tapi mata tidak bisa terpejam dan tidak ngantuk, cobalah  mandi dengan air hangat. Lakukan ini 1 jam sebelum tidur. Minumlah segelas susu hangat sangat membantu untuk lebih rilek. Hindari makan malam berlebihan karena perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum beristirahat. Kurangi konsumsi makanan ringan dimalam hari. Gunakan aroma terapi agar lebih tenang. Bila memungkinkan, nyalakan musik slow yang dapat membantu anda rileks saat anda telah berada di tempat tidur. Atau, cobalah  merasakan tubuh anda. Ini akan membantu anda menyadari bahwa anda telah siap untuk tidur. Cobalah menulis buku harian sebelum tidur. Dengan menulis, anda seolah-olah sedang men-download pikiran anda dan akan meringankan beban pikiran yang membuat pikiran lebih tenang dan tidur pun akan lebih nyenyak.

5. Jauhi urusan orang lain: Nah untuk hal yang ini memang agak sulit bagi yang senang membantu orang lain. Bisa membantu memecahkan masalah atau urusan orang lain adalah karma baik bukan ? Tetapi kalau memang kita tidak perlu membantunya serahkan saja pada orang yang berkopeten dibidangnya. Mungkin kita cukup dengan memberikan saran-saran yang positif untuk mencari solusinya. Biasanya, mencari solusi akan jauh lebih mudah dengan bantuan orang lain yang berpikir positif.

6. Hiduplah untuk saat ini, bukan masa lalu: Masa lalu biarkan berlalu, mari kita belajar dari kejadian masa lalu untuk menjadikan diri lebih baik saat ini dan kedepan. Manfaatkan pengalaman yang baik dan positif, lupakan hal-hal yang negatif serta hal-hal yang tidak memperdayakan diri dalam kehidupan saat ini sampai berikutnya. Mari nikmati sorga kehidupan saat ini, karena kehidupan saat ini akan mempengaruhi hari esok. Ciptakan hari esok yang lebih baik dengan bertindak positif saat ini juga.

7. Jadilah pendengar yang baik, tapi sekali-kali harus bisa menjadi pembicara yang sehat: Terkadang kita harus legowo untuk menjadi pendengar yang baik, karena baik menurut kita, belum tentu baik bagi orang lain. Dengan mendengarkan pembicaraan/keluhan/pujian serta hal yang lainnya, kita akan dapat menimba berbagai informasi baik yang positif maupun yang negative. Nah kesempatan mendengarkan ini bias kita gunakan untuk belajar lebih jauh tentang arti kehidupan dan menimbang-nimbang langkah kita yang telah kita lakukan dan berusaha tidak mengulangi melakukan hal-hal yang negative. Kita akan memperdayakan hal-hal positif. Saya yakin, kita perlu perubahan yang lebih baik. Kita ingat orang lain bisa kaya raya, rumah dan fasilitas hidupnya mewah tentunya pikiran, perasaan dan tindakan mereka tepat untuk bisa mendapatkan kekayaan tersebut. Kenapa kita tidak seperti mereka ? Kita seharusnya merenung dan menelisik diri kita, apa yang perlu kita perbaiki pada diri kita sehingga kita bisa seperti mereka (kaya raya). Kalau sudah tahu persoalannya, kita harus berani berubah, baik cara berpikir kita, berperasaan/prasangka kita serta tindakan kita agar selalu sinkron dan berani berubah secara total seperti mereka yang kaya raya. Contoh,  mereka bisa kaya mungkin karena berani mengambil hutang yang cukup besar untuk berbisnis, tetapi apakah kita berani ? Sudahkah kita berani melangkah seperti mereka ? Nah, bagi anda yang sudah kaya, sudilah kiranya membantu kita memberikan jalan serta pemahaman untuk bisa mengubah diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

8. Berfikirlah positif: Dengan berpikir positif, kita bisa melangkah lebih baik, berusaha belajar lebih banyak lagi dari mereka yang kaya dan bahagia. Kenapa mereka bisa bias kaya, sedangkan kita belum ? Mereka berkomitmen untuk sukses berbisnis dan bersenang-senang setelah sukses. Mereka melakukan langkah belajar dan berkumpul dengan orang-orang yang tepat, berpikir dan berperasaan serta melangkah yang tepat/positif.  Umumnya, orang sukses atau kaya senantiasa berprasangka baik /positif memberikan kekuatan sehingga segala kesedihan akan hilang dalam pikirannya. Begitulah sang kuasa mengatur gelombang kehidupan yang hanya mampu dibaca oleh orang yang beriman. Berpikir positif membawa berbagai kebahagiaan yang tidak akan terlupakan saat tertimpa cobaan. Jangan pernah menyerah demi sebuah kesuksesan. Kesuksesan membutuhkan perjuangan, kerja keras dan kesabaran.

9. Bersyukurlah...: Kita sadari, manusia tidak pernah puas alias selalu merasa kekurangan. Kita sadar bahwa kita hidup di negara tropis yang selalu memiliki cuaca panas. Tapi kita patut berrsyukur karena kita tidak pernah kekurangan makanan. Kita memiliki banyak pakaian, keluarga, sahabat yang ramah dan baik hati, memiliki pekerjaan,  paling tidak bisa membantu keluarga atau orang lain untuk mendapatkan sesuap nasi. Tuhan menciptakan kita dengan sempurna dengan bagian-bagian tubuh yang lengkap. Memiliki pikiran, perasaan dan bisa bertindak untuk mencari sesuatu dalam memenuhi kebutuhan hidup ini. Kita sering melihat banyak saudara kita diluar sana tidak seperti kita. Kita jauh lebih baik dari mereka.  Apapun yang terjadi pada diri kita, tetaplah harus bersyukur karena dibalik itu ada potensi yang sembunyi untuk kehidupan saat ini, nanti dan hari esok. Rasa syukur merupakan kualitas hati yang terpenting. Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputi rasa damai, tenteram dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan selalu membebani kita. Kita akan selalu merasa kekurangan dan jauh dari rasa bahagia. Ini terjadi karena : (1).  Kita terlalu memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan bukan pada apa yang kita miliki; (2)Kecenderungan membanding-bandingkan kita dengan orang lain, kita merasa lebih miskin, bodoh, hina, kemampuan terbatas dan lain sebagainya, ingat rumput tetangga kelihatan selalu lebih hijau daripada rumput di pekarangan sendiri.

Bersyukurlah bahwa anda belum siap memiliki segala sesuatu yang anda inginkan. Andaikata sudah berhasil memiliki yang anda inginkan, apalagi yang anda inginkan. Bersyukurlah jika anda tidak tahu sesuatu, karena itu memberikan diri kesempatan untuk belajar. Bersyukurlah untuk masa-masa sulit karena dimasa itulah anda bisa tumbuh. Bersyukurlah untuk keterbatasanmu, karena itu memberikan diri untuk berkembang. Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru, karena itu anda akan membangun kekuatan dan karaktermu. Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat, karena itu merupakan pelajaran yang paling berharga. Sudah barang tentu lebih mudah meraih sesuatu dengan cara mensyukuri, hidup yang berkelimpahan datang ke mereka yang bersyukur akan masa surut. Rasa syukur dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif, dapat  memperdayakan kehidupan. Anda. temukan sendiri cara bersyukur di dalam hati anda masing-masing karena itu akan menjadi berkah bagi anda. Rangsanglah kedamaian, keceriaan dan kebahagiaan dari dalam hati anda yang paling dalam.

(Oleh : N. Danny Sridana, Praktisi dan Motivator Bisnis, Meditation Instructor dan Penekun Spiritual Menuju Hidup Damai, Ceria dan Bahagia)

 

PELATIHAN YOGA DAN MEDITASI (gratis)
Untuk menumbuhkan Rasa Damai, Ceria dan Bahagia
Ikuti Pelatihan Cahaya Hati Heart Light Meditasi & Yoga
Setiap Rabu Pukul 17.00 - selesai
Tempat : Jalan Tukad Badung XXIII/27 Renon, Denpasar
Telepon : (0361) 7426261, 08123914438, dan 087862490566

 




Manusia Berusaha menyempurnakan diri menuju hidup lebih baik pada kehidupan ini dan nanti.
Menuju kehidupan lebih baik adalah dambahan kita semua, Mari memilih lakukan yang terbaik buat diri sendiri, keluarga, teman dan se-isi semesta agar semua mahkluk hidup berdampingan dan berbahagia (N. Danny Sridana)

NEXT, Heart light Meditation & Yoga >>

Business motivation | Air Minum Kesehatan Nonmin | Bisnis related |

Sitemap